International Seminar: Bureaucratic Reform in Local Politics, Dec 7th, 2012

Posted on

Keberadaan Laboratorium Administrasi Negara merupakan salah satu wadah untuk mendekatkan teori dan praktek dimana kami, para dosen prodi ilmu administrasi Negara, mendiskusikan berbagai macam topik yang terkait dengan pengembangan Ilmu Administrasi Negara. Seminar Internasional yang bertema Reformasi Birokrasi dalam Politik Lokal merupakan salah satu agenda kegiatan dari Laboratorium Administrasi Negara FISIP Untirta, yang berkomitmen untuk mengembangkan atmosfir akademik yang ada di lingkungan Untirta khususnya dan di Provinsi Banten pada umumnya. Seminar Internasional ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Laboratorium Administrasi Negara, sebagai kesinambungan dari berbagai kegiatan sebelumnya antara lain kegiatan: diskusi internal dosen, simposium nasional otonomi daerah, survei pemilukada dan survei kinerja kepala daerah, penerbitan electronic journal (e-Jlan), pemetaan  masalah kesejahteraan sosial dan lain sebagainya.

Terkait dengan pemilihan tema Bureaucratic Reform in Local Politics, hal ini merupakan tema besar dalam kegiatan Laboratorium Administrasi Negara dalam satu tahun terakhir yang termasuk didalamnya adalah topik tentang Local Wisdom (Kearifan Lokal). Kearifan lokal dapat kita maknai sebagai penyiapan dan pemberian kesempatan kepada masyarakat lokal untuk bisa turut berpartisipasi membangun dan memikirkan masa depan dan perubahan daerahnya. Sehingga hal ini terkait pula dalam partisipasi dalam politik, ekonomi dan berbagai kebijakan pembangunan. Hal ini sejalan dengan  perwujudan reformasi birokrasi  dalam konteks politik lokal yang memiliki sisi positif,  dimana daerah diberi kepercayaan untuk mengelola berbagai sumberdaya daerah bagi pembangunan karena dianggap lebih memahami akan kebutuhannya.

Seminar ini dapat kita jadikan sebagai telaah akademis yang sangat bermanfaat untuk mewujudkan tuntutan reformasi birokrasi dimana dengan adanya era reformasi birokrasi dan otonomi daerah, maka seharusnya birokrasi mengalami perubahan paradigma untuk mengedepankan pelayanan publik serta  menciptakan manajemen publik yang efisien, efektif, dan profesionalisme. Semoga dengan adanya penyelenggaraan seminar internasional ini kita sekalian dapat berdiskusi serta mendapatkan pencerahan pengetahuan yang akan bermanfaat dalam pengembangan pengetahuan maupun pembuatan kebijakan khususnya bagi pemerintah daerah.

(ICT FISIP)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *