Pelatihan Dasar Road to Kang Nong FISIP Tahun 2021

 

Oleh : Frans Julius Radot

Serang (27/7) – Ajang pemilihan Kang Nong masih dianggap beberapa orang hanya sebagai ajang kontestasi pemilihan kandidat – kandidat calon dengan unsur fisik semata. Pemenuhan wajah cantik, kulit putih dan tubuh ideal lah yang layak terpilih sebagai Kang Nong.

Tumbuhnya stigma dan minimnya informasi terkait Kang Nong FISIP, membuat sejumlah mahasiswa enggan untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta di ajang ini. Padahal, seleksi di tingkat fakultas akan berlanjut ke tahapan seleksi universitas. Melihat fenomena seperti itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2021 berinisatif menyelenggarakan kegiatan webinar Pelatihan Dasar Kelas Kangnong dengan Tema “Pelatihan Dasar Road to Kangnong FISIP 2021”. Acara ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman. Untuk pemateri sesi 1 di isi oleh Vellin Avira Rushady selaku Wakil 2 Nong FISIP UNTIRTA 2019. Sedangkan pemateri sesi 2 di isi oleh Glenn Patrick Gregorius sebagai Kang FISIP UNTIRTA 2019. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Selasa, 27 Juli 2021 mulai dari pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Selama acara berlangung, narasumber menjelaskan secara lengkap sejarah singkat berdirinya ukm Kangnong FISIP, apa saja persyaratan – persyaratan administrasi yang dibutuhkan, kegiatan seperti apa yang biasanya dihadiri oleh para kangnong hingga menguraikan metode seleksi yang akan dijalankan oleh seluruh calon peserta. Seperti : Seleksi Cat Walk, yakni seluruh peserta berkompetisi menampilkan Cara Berjalan dengan Kondisi tubuh tegak secara proporsional, seleksi memperlihatkan pertarungan para calon peserta dalam aspek tata krama ketika sedang makan (Seleksi Table Manner) maupun seleksi menunjukkan bakat/talenta.

Selain itu, Para Narasumber pun memapakarkan unsur 3 B (Bauty, Brain, Behavior) yang merupakan tolak ukur terbesar yang mesti dimiliki seorang KangNong FISIP. Tidak hanya itu, para pembicara juga menjabarkan secara gamblang akan Pentingnya Keterampilan berbicara di depan publik (Public Speaking) dan perlunya rasa percaya diri yang tinggi sebagai salah satu pondasi dasar untuk peserta kangnong. Mereka dituntut mampu menjabarkan secara tuntas berbagai macam Problem Solving menyangkut kegiatan ranah akademik maupun non – akademik. Terlebih lagi, apabila para peserta telah terpilih sebagai kangnong, maka sudah semestinya mampu menyesuaikan diri selaras dengan situasi atau kondisi yang ada.

Kegiatan webinar ini diikuti 68 orang peserta, mereka terlihat sangat antusias, terbukti ketika momen sesi tanya jawab, para peserta dengan semangat berapi – api saling melampiaskan rasa penasarannya dengan bertanya melalui audio suara maupun forum chat kepada kedua narasumber. Dengan begitu, kegiatan webinar hari ini mampu memberikan gambaran secara luas kepada peserta, khususnya mahasiswa ilmu pemerintahan tentang ajang tahunan seleksi KangNong FISIP UNTIRTA.

Scroll to Top