Event “DIES NATALIS FISIP UNTIRTA ke-18” BICARA (Bincang Karir Administrasi Publik) Tantangan dan Peluang Ketenagakerjaan di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Situasi Covid-19

Event Administrasi Publik
BINCANG KARIR Administrasi Publik
oleh : Arafah

Jalin Silaturahmi dan Bahas Karir Bersama Alumni, Administrasi Publik  UNTIRTA Adakan “BICARA”

Di era Revolusi Industri 4.0, ditambah dengan situasi pandemi yang masih berlangsung menimbulkan tantangan tersendiri dalam mendapatkan pekerjaan. Inilah yang menjadi latar belakang Program Studi Administrasi Publik menyelenggarakan acara Bincang Karir (Bicara) pada Rabu (28/7). Acara ini bertujuan memberikan motivasi dan menjawab pertanyaan tentang tantangan serta peluang ketenagakerjaan dengan situasi yang masih diselimuti oleh pandemi Covid 19. Selain itu kegiatan ini menjadi forum silaturahmi, sekaligus mengenal lebih dekat dengan beberapa alumni AP yang ada didalamnya.

Bincang Karir AP yang diselenggarakan oleh prodi Administrasi Publik (AP) dan dibantu Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA AP) ini mengangkat tema “Career Day & Temu Alumni” ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama Talk Show, yang diisi oleh pemateri dari berbagai bidang, diantaranya Dr. Wahyu Susihono, S.T., M.T. yang merupakan Career Development Center & Counseling (CDCC) UNTIRTA, Dr. Komarudin, M.AP. sebagai Kepala BKD Provinsi Banten, Dr. Harits Hijrah Wicaksana, yang merupakan Alumni AP, serta Maulana Yusuf, S.IP., M.Si. sebagai Akademisi Untirta. Sementara sesi kedua, yakni Sharing With Alumni, dihadiri oleh beberapa Alumni AP, yang telah memiliki pengalaman bekerja di bidangnya masing-masing.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Untirta, Prof. Dr. Ahmad Sihabudin, M.Si, menyatakan bahwa diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjawab pertanyaan terkait dengan karir di situasi pandemi.

“Bagaimana baiknya seseorang di situasi seperti ini apakah baiknya adalah untuk mencari pekerjaan, atau membuat lapangan pekerjaan,” ujar Sihab.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini melebihi target peserta yaitu 100 orang. Pemateri memaparkan materi sesuai bidangnya

“Tujuannya ya agar teman-teman mahasiswa bisa terbuka lebih lebar pandangan setelah mendengar pengalaman dari pemateri yang sudah memaparkan penjelasannya, serta meningkatkan motivasi diri terhadap teman-teman mahasiswa itu sendiri,” jelas Moehamad Rizky Lanang, ketua HIMA AP yang kami wawancarai via pesan Whatsapp.

Kegiatan yang memiliki jargon ”Respontif, Inovatif, dan Adaptif dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja” ini meupakan rangkaian acara dalam rangka Dies Natailis FISIP UNTIRTA. Arenawati, selaku kaprodi Administrasi Publik berharap kedepannya FISIP UNTIRTA menjadi lebih baik.
“Harapannya bukan hanya untuk FISIP saja, melainkan mahasiswanya pun ikut terus maju”. Tuturnya.

Scroll to Top