Mengenal Lebih Dekat Sistem Pelayanan Publik, Mahasiswa Adminstrasi Publik FISIP Untirta Sambangi Kementrian Kelautan dan Perikanan

Sebanyak 190 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik FISIP Untirta melakukan praktik kuliah lapangan dan studi banding ke Jakarta pada 05 Juni 2024 lalu. Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pun menjadi salah satu tujuan untuk mengaplikasikan kurikulum yang ada di program studi Administrasi Publik.

Kedatangan mahasiswa FISIP Untirta ini pun disambut hangat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diterima oleh Supriatun selaku Ketua Tim Pengelolaan Pelayanan Satu Atap Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. Dalam Sambutannya Supriatun merasa sangat senang melihat semangat dan antusias para mahasiswa untuk berdiskusi terkait kebijakan dan sistem pelayanan publik. Dalam kesempatan tersebut, Supriatun menjelaskan materi terkait pelayanan publik. Disampaikan, pelayanan publik terus menjadi fokus utama pemerintah khususnya dalam memenuhi kebutuhan dasar dan kesejahteraan masyarakat.

Setelah mendapatkan pemaparan terkait reformasi birokrasi dan pelayanan publik, para mahasiswa juga turut diperknalkan mengenai sistem Command Center. Romy Ardianto selaku ketua tim Command Center Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dalam paparannya menjelaskan Platform Command Center ini berbasis pada integrasi data dari berbagai sumber yang akan diolah dan ditampilkan sesuai kebutuhan secara berkala dan terkini atau real-time dan dapat berfungsi sebagai dashboard yang sangat dibutuhkan oleh seorang pengambil keputusan.

Kegiatan kuliah lapangan inipun mendapat antusias yang sangat baik dikalangan mahasiswa, dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dihadapan pembicara. Dr Rina Yuliantai, M.Si selaku Kepala Jurusan Program Studi Administrasi Publik Untirta ini mengungkapkan kegiatan kuliah lapangan ini memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk melihat dan bertanya langsung terkait penjaminan mutu dan pelayanan publik di Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Scroll to Top