Menggali Pengalaman Legislatif: Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta Kunjungi DPR RI

 

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta melakukan kunjungan belajar ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Selasa (28/08/2024). Kegiatan bertajuk Menggali Wawasan dan Berpartisipasi Aktif Melalui Dialog Interkatif ini, merupakan Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan kuliah lapangan pada mata kuliah Lembaga Perwakilan. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa ilmu pemerintahan secara langsung mengenai mekanisme legislasi dan pembuatan kebijakan. Hal ini penting sebagai basis pengetahuan bagi mahasiswa dalam menjalani perkuliahan dan pasca perkuliahan. Rombongan yang dipimpin langsung oleh ketua jurusan Ilmu Pemerintahan, Shanty Kartika Dewi, M.Si ini diterima langsung oleh Kamran Muchtar Podomi, ST, selaku anggota komisi II.

Dalam sambutannya sebagai dosen pendamping, Shanty menjelaskan maksud kedatangan rekan mahasiswa sebagai bagian dari pembelajaran dan guna menambah wawasan khususnya fungsi DPR dan proses pengambilan kebijakan. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana mekanisme pengambilan keputusan berfungsi, peran pengawasan, dan dinamika interaksi antara anggota DPR RI dengan pemerintah, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya. Program kunjungan ini juga dirancang untuk menjadi lebih menarik dengan melibatkan peserta dalam pertemuan dengan anggota DPR RI, mengikuti sesi diskusi, dan mengunjungi berbagai fasilitas serta ruang kerja di gedung DPR RI. Sementara itu Kamran  menyambut baik kedatangan mahasiswa FISIP ini, menurutnya kedatangan mereka ini merupakan bagian dari untuk memperkaya ilmu pengetahuan apa yang tidak didapatkan di bangku kuliah bisa didiskusikan secara langsung.

Selanjutnya selain melakukan diskusi dengan anggota parlemen, para mahasiswa juga turut diajak berkeleling ke area ruang kerja DPR RI dan museum DPR RI, dalam museum tersebut Mahasiswa mempelajari tentang kilas balik perjalanan DPR RI mulai tahun 1945 hingga saat ini.

Scroll to Top