Sosialisai Pekan kreativitas Mahasiswa FISIP Untirta 2024

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang kompetisi Nasional bergengsi bagi mahasiswa dari berbagai kampus yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Belmawa Kemdikbud. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untirta baru saja melakukan sosialisasi PKM ke lingkungan Civitas akademik FISIP Untirta, melalui media zoom pada 19 Januari 2024 lalu.

Saat memberikan sambutannya Dekan FISIP Untirta Leo Agustino, P.hD menyambut baik kegiatan ini, karena pada sosialisi ini kita akan mengetahui Apa, bagaimana, trik dan tips mengenai proposal yang akan disusun oleh mahasiswa dan kemudian akan dibimbing oleh dosen, paling tidak memenuhi syarat awal agar dapat diterima.  Harapan kami tentu tidak hanya diterima dan didanai namun dapat bersaing dan diperjuangakan menjadi proposal-proposal yang bermanfaat.

Narasumber acara sosialisasi PKM ini Heri Haryanto, dari PKM Canter Untirta menyatakan bahwa PKM merupakan tantangan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan diri. Heri menegaskan “Kata kuncinya adalah adanya inovasi dan berpolapikir kritis dan kreatif mahasiswa dalam memberikan Solusi permasalahan sosial”. Beberapa skema Program Kreativitas Mahasiswa yang bisa dipilih oleh mahasiswa, yaitu :

 

  • Bidang Riset Eksasta, bidang ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya.
  • Bidang Riset Sosiohumaniora, bidang ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian prilaku social, ekonomi, Pendidikan, seni-budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan local mapupun prilaku kontemporer
  • Bidang Kewirausahaan, bidang ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.
  • Bidang Pengabdian Masyarakat, bertujuan untuk menumbukan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan Iptek yang menjadi Solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorintesi pada profit.
  • Bidang Penerapan Iptek, Bertujuan untuk membuka wawasan Iptek Mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (Usaha Mikro sampai Perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit. Implementasi Solusi Iptek harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan mitra.
  • Bidang Karsa Cipta, bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya Cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. Bidang Karya Cipta tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip atau fungsinya.
  • Bidang Karya Inovatif, bidang ini bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap problematika factual di Masyarakat atau dunia usaha, dan sekaligus mengasah kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan karya fungsional inovatif yang solutif berbasis iptek. Luaran utama berupa produk skala penuh, dan bukan prototipe.
  • Bidang Video Gagasan Konstruktif, bidang ini bertujuan memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi, dan nalar, memikirkan tata Kelola yang konstuktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDG’s di Indonesia maupun Solusi keprihatinan bangsa Indonesia.
  • Bidang Gagasan Futuristik Tertulis, Bidang ini bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristic, jangka Panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.
  • Bidang Artikel Ilmiah, bidang ini bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah. Bidang ini merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang Pendidikan, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyarakat (Studi kasus, praktik lapangan, KKM, Dll) yang merupakan hasil kerja kelompok.

Dari kesepuluh bidang di PKM ini 8 bidang bentuknya pendanaan dan 2 bidang (Artikel Ilmiah dan Gagasan Futuristik terlutilis) bentuknya jurnal atau prosiding. Muara pada kegiatan PKM ini adalah ada di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang akan berlangsng pada bulan Oktober nanti di Universitas Airlangga.

Heri Menambahkan, pada tahun 2023 lalu Untirta telah mengumpulkan 180 proposal dan 28 proposal PKM hasil karya mahasiswa Untirta lolos pendanaan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian agar kedepannya banyak proposal-proposal mahasiswa Untirta terutama dari FISIP harus lebih banyak lagi yang berhasil lolos pendanaan. Heri menekankan Kembali dari berbagai bidang PKM yang ada, FISIP harus memiliki karakter dan ciri khas pada PKM yang di ikutinya agar itu menjadi bidang keahlian pada PKM Fisip Untirta.

Panduan PKM 2023 Klik Disini

Scroll to Top