Mou FISIP Untirta Dengan UPM, Sinergitas dan Kolaborasi Tridarma Perguruan Tinggi Indonesia – Malyasia

Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada International Cofference of Politic and Goverenment (ICPG) resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) di ruang Serbaguna Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Untirta Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D , Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Leo Agustino, Ph.D, Ketua Kursi Penyelidikan Tan Sri  Empiang  Jabu UPM YbHg. Profesor Datuk Dr. Jayum  Jawan, YbHg. Profesor Dr. Zaid Ahmad Felo Penyelidik Utama Institut Islam Hadhari,   Dekan Fakulti UPM YbHg. Prof. Dr.  Mohamad Fazil Sabri, Dosen dan staff Fisip Untirta. Acara tersebut dibuka dengan mengucapkan Basmalah dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan lagu kebangsaan Malaysia, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Untirta dan Mars UPM.

Pembukaan acara tersebut diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Untirta Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D . Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Untirta juga menyampaikan manfaat kerjasama antara kedua institusi.

“Untirta harus aktif dalam menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri, sehingga pengakuan eksistensi dapat terpelihara. Baik itu kerjasama penelitian, pendidikan, pengabdian, pertukaran dosen dan pertukaran mahasiswa. Begitupun kerjasama dengan  UPM dapat berpeluang untuk meningkatkan kompetensi Mahasiswa dan Dosen Untirta,” ujar Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Untirta, Kamis (25/01/2024).

Kemudian sambutan dilanjut oleh Dekan FISIP Untirta Leo Agustino, Ph.D, dalam sambutannya Dekan FISIP Untirta mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada UPM karena dengan penandatanganan MOU ini dapat menjadi titik awal yang baik untuk Untirta dan UPM. Dekan FISIP Untirta juga berharap program International Cofference of Politic and Goverenment (ICPG) dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama.  “International Cofference of Politic and Goverenment (ICPG) semoga dapat dilangsungkan dalam dua tahun sekali atau satu tahun sekali secara bergantian mekanismenya,” ujar Dekan FISIP Untirta, Kamis (25/01/2024).

 

Tak kalah hangat, Dekan Fakulti UPM YbHg. Prof. Dr.  Mohamad Fazil Sabri juga menyampaikan kata sambutan yang diawali dengan ucapan terima kasih kepada pihak Untirta dan ditutup dengan pantun. Menurutnya, dengan ditandatanganinya MOU yang telah disepakati kedua belah pihak dapat menjadi suatu wadah yang baik untuk kedua belah pihak. “Program ICPG ini saya rasa dapat menjadi platform terbaik kedua institusi baik dalam bidang pengetahuan atau pengalaman yang kemudian dapat dilestarikan untuk masa depan,” ucap Dekan Fakulti UPM, Kamis (25/01/2024).

Acara ini juga dilengkapi dengan materi yang disampaikan oleh keynote speaker Ketua Kursi Penyelidikan Tan Sri  Empiang  Jabu UPM YbHg, dari UPM dan Profesor Dr. Zaid Ahmad Felo Penyelidik Utama Institut Islam Hadhari dari Universiti Kebagsaan Malaysia (UKM). Pembahasan yang menarik disampaikan oleh keduanya. Dalam materi tersebut, dibahas terkait penolakan penjajahan terutama penjajahan pemikiran yang dapat dilakukan di era sekarang ini. Untuk menghindari penjajahan tersebut dapat dilakukan dengan menulis menggunakan bahasa negara sendiri,  karena fokus ilmu ini akan berpengaruh kedepannya. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan penandatanganan MOU, penyerahan hadiah, foto bersama dan ditutup dengan doa bersama.

Scroll to Top