FISIP Untirta Adakan Kegiatan Workshop Bagi Ormawa Dalam Penyusunan Perencanaan Program Kegiatan Mahasiswa.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di bawah binaan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, menyelenggarakan workshop Pembuatan TOR, RAB, dan Laporan Kegiatan Ormawa. Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 Maret lalu di ruang serbaguna FISIP ini diikuti oleh perwakilan masing-masing organisasi mahasiswa yang berada di lingkungan FISIP Untirta.

Ika Arinia Indriyany, M.A, selaku wakil Dekan III Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan, jika kegiatan ini bertujuan agar para pengurus Oganisasi Kemahasiswaan (Ormawa) paham dan mengerti komponen apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam membuat TOR kegiatan ataupun penyusunan laporan kegiatan. Sehingga tidak ada lagi kerancuan didalamnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pelatihan membuat TOR dan laporan kegiatan mahasiswa oleh bidang Keuangan FISIP Untirta selaku mentor pada sesi ini. Dadang Saputra, S.M selaku Bendahara FISIP Untirta menerangkan dalam penyusunan TOR ini dokumen harus berisi perencanaan kegiatan yang  memuat semua penjelasan dan keterangan mengenai latar belakang, apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, bagaimana dan berapa perkiraan biaya suatu kegiatan. Isian dalam TOR mencakup tujuan dan sasaran, cakupan dan ruang lingkup, bentuk tanggung jawab, jadwal pelaksanaan dan penyelesaian.

Peserta workshop begitu antusias dalam mengikuti pelatihan ini, seperti banyakanya pertanyaan yang dilontarkan para Ormawa kepada mentor terkait laporan keuangan ini. Seperti Ratu Inayah, perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP ini menanyakan terkait teknis pengajuan ToR dan berapa lama proses pengajuannya. Hal ini menandakan pelatihan ini memang sangat dibutuhkan oleh Ormawa agar penyusunan rencana kegiatan dan laporan kegiatan mahawasiswa dapat terstruktur.

Scroll to Top